Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat library alert bootstrap di CodeIgniter Part1. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk menampilkan alert di CodeIgniter, kalian bisa menggunakan session flasdata yang sudah disediakan oleh CodeIgniter, namun maksud dan tujuan dari pembuatan Library alert disini adalah untuk lebih mempermudah dan mempersingkat cara pengguanaannya. Meskipun demikian didalam Library yang dibuat nantinya tetap memanfaatkan fungsi session flashdata dari CodeIgniter tersebut. Langkah utama yang mesti kalian persipakan adalah mendownload Framework CodeIgniter versi 3.1.9 . Setelah selesai didownload, pindahkan hasil ekstract folder tersebut kedalam folder project kalian di web server local ( pada contoh disini saya menggunakan webserver apache xampp terbaru ). Jika semua sudah terpenuhi, saatnya melakukan konfigurasi utama dari file config.php yang ada didalam folder application/config/config.php. Tentukan base_url sesuai dengan lokasi folder kalian didalam webserver. Seperti pada contoh disini folder project saya namanya dumetschool yang tersimpan didalam folder xampp/htdocs/dumetschool. Maka base_url tersebut adalah seperti berikut:

keterangan : base_url adalah alamat website beserta direktori folder project yang terdapat didalam webserver ( jika sudah online dihosting maka cukup diisikan dengan http://domain.com saja ).

Sekarang saatnya membuat Library alert bootstrap, dan kalian bisa ikuti tahapan yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Buat satu buah file library baru dengan nama Alert.php di direktori application/libraries.
  • Buat class dengan nama yang sama sesuai dengan nama file yang sebelumnya sudah dibuat beserta dengan beberapa property, seperti contoh dibawah ini.

Belum cukup sampai disini saja cara membuat library alert bootstrap di CodeIgniter Part1. Untuk tahapan selanjutnya akan saya bahas dilain kesempatan, semoga bermanfaat.