Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara Membuat Looping For di dalam Tabel. Looping pada dasarnya digunakan untuk menampilkan sebuah data secara berulang dengan jumlah sesuai yang di tentukan, tetapi ada juga perulangan yang digunakan untuk menampilkan data yang belum ditentukan jumlah datanya misalnya seperti perulangan while. Perulangan while biasa di gunakan untuk menampilkan hasil dari query database.

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan contoh membuat perulangan For terhadap sebuah data table. Namun pada looping ini saya hanya menampilkan data statis tidak bersifata data dinamis. Oke langsung saja kita praktekkan.

Script HTML untuk menampilkan tabel.

Script HTML di bawah ini digunakan untuk menampilkan bentuk table yang akan saya buat nantinya, dari table sederhana inilah kita akan membuat sebuah looping for.

 

Script CSS untuk membuat tampilan table di atas lebih menarik.

Script PHP Loop For

Oke sekarang kita akan membuat fungsi loop for terhadap sebuah table di atas, dengan menggunakn fungsi loop di PHP akan mempermudah kita dalam menampilkan data di HTML. Misal kita ingin  menampilkan data tanggal dari tanggal  1 sampai 30, kalau kita tidak menggunakan fungsi looping di php maka kita harus menuliskan di HTML sebanyak 30 baris option tapi, dengan bantuan loop di PHP kita jauh lebih mudah tinggal kita bikin sebuah Tag HTML select dengan satu option kita sudah bisa menjalankan fungsi tanggal sebanyak 30.

Namun pada contoh Ini kita akan memanfaatkan sebuah data di dalam table, oke langsung saja lihat scriptnya di bawah ini.

cukup mudah bukan, hasil dari Cara Membuat Looping For di dalam Tabel,

Cara Membuat Looping For di dalam Tabel

Oke itu tadi pembahasan saya tentang Cara Membuat Looping For di dalam Tabel, semoga bermanfaat.