Melanjutkan dari sesi sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat menu active berdasarkan halaman yang sedang aktif dengan php dan jquery. Jika pada sesi sebelumnya teman-teman sudah membuat file dengan nama menu.php dimana yang didalamnya terdapat element -element menu yang terkait, namun pada kesempatan kali ini akan saya lanjutkan untuk membuat file index.php nya, dimana didalam file tersebut nantinya tersimpan kode-kode jquery beserta kondisi halaman menu tersebut.

Perlu teman-teman ketahui lagi sebelumnya, pada contoh yang saya jelaskan disini sudah menggunakan halaman dinamis, dimana nantinya teman-teman tidak perlu repot-repot lagi membuat halaman dinamis tersebut di php karena hanya tinggal perlu teman-teman sesuaikan saja. Langsung saja teman-teman bisa langsung ikuti tahapa yang saya berikan dibawah ini :

  • Teman-teman buat lagi satu buah file dengan nama index.php didalam folder project teman-teman yang sejajar dengan file menu.php yang sebelumnya sudah dibuat.
  • Jika sudah selanjutnya teman-teman ketikan kode seperti berikut

  • Selanjutnya teman-teman save file index.php tersebut.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat menu active berdasarkan halaman yang sedang aktif dengan php dan jquery, semoga bermanfaat.