Hallo sahabat dumenity berjumpa lagi dalam tutorial  dumetschool, pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara membuat output form looping segitiga. Looping merupakan materi dasar dalam bahasa pemrograman, setiap orang yang belajar bahasa pemrograman logic pasti akan belajar yang namanya perulangan enatah itu while, do while, atau for.

Looping sendiri Dalam pemrograman komputer,  urutan instruksi  yang terus berulang sampai kondisi tertentu tercapai. Biasanya, proses tertentu dilakukan, seperti mendapatkan item data dan mengubahnya, dan kemudian beberapa kondisi diperiksa seperti apakah counter telah mencapai nomor yang ditentukan. Jika belum, instruksi berikutnya dalam urutan adalah instruksi untuk kembali ke instruksi pertama dalam urutan dan ulangi urutannya. Jika kondisi telah tercapai, instruksi berikutnya “jatuh melalui” ke instruksi berurutan berikutnya atau cabang di luar lingkaran. Loop adalah ide pemrograman mendasar yang biasa digunakan dalam menulis program.

Oke, sekarang saya akan memberikan contoh tentang output dari input type text berbentuk looping segitiga, jadi nantinya ketika sih user memasukan angka dalam form yang saya buat maka hasilnya akan berbentuk looping segitiga. Dalam kasus ini saya menggunakan looping for, oke langsung saja lihat contoh di bawah ini:

 

Oke berikut ini hasil dari script di atas:

Cara Membuat Output Form Looping Segitiga

Dan ketika saya masukan angka ke dalam form tersebut misalnya 5 maka  akan menghasilkan output seperti di bawah ini:

Cara Membuat Output Form Looping Segitiga

Oke cukup mudah bukan, semoga bermanfaat.