Melanjutkan dari sesi sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat paging bootstrap di php part3. Sampai disini teman-teman sudah membuat database beserta dengan tabel yang nantinya akan digunakan untuk paginasi tersebut. Jika sudah untuk tahap selanjutnya teman-teman bisa mengikuti tahapan lanjutan dari sesi sebelumnya di bawah ini.

Berikut tahapan lanjutannya :

  • Jika teman-teman sudah mengisi record tabel_siswa tersebut, langkah selanjutnya teman-teman buat terlebih dahulu folder project di webs server local teman-teman. Disini saya menggunakan xampp, dan folder project tersebut saya simpan di dalam folder C:\xampp\htdocs dengan nama paginasi.
  • Selanjutnya teman-teman buat lagi satu buah file php dengan nama koneksi.php, dimana fungsi dari file tersebut adalah untuk koneksi ke database teman-teman dan ketikan kodenya seperti berikut :

  • Jika sudah teman-teman save terlebih dahulu file koneksi.php tersebut, dan buat lagi satu buah file php dengan nama paginasi.php, dimana fungsi dari file tersebut adalah untuk function paginasi yang akan teman-teman gunakan nantinya. Selanjutnya ketikan kode seperti kode berikut :

  • Seperti yang teman-teman lihat dari kode php function tersebut, dimana ada tiga buah variabel yang dibutuhkan (variabel pertama adalah untuk alamat link sesuai dengan halaman paginasi, $page adalah variabel untuk menentukan posisi halaman paginasi, dan $totpage adalah variabel untuk menentukan total halaman paginasi tersebut).
  • Jika sudah teman-teman save terlebih dahulu file function paginasi.php tersebut.

Sampai disini untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara membuat paging bootstrap di php pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.