Melanjutkan dari sesi sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat paging bootstrap di php part4. Sampai disini teman-teman sudah membuat file function.php untuk paginasi yang akan digunakan nantinya. Untuk langkah selanjutnya teman-teman sudah bisa menerapkan paginasi tersebut di setiap file php halaman yang akan digunakan, pada contoh disini saya akan menampilkan halaman untuk tampil data siswa yang diambil dari tabel_siswa dengan jumlah record yang bebas untuk teman-teman tentukan. Namun pada contoh disini saya membatasi dengan jumlah record sebanyak 5 record per halaman paginasi. Untuk tahap selanjutnya teman-teman bisa mengikuti tahapan lanjutan dari sesi sebelumnya di bawah ini.

Berikut tahapan lanjutannya :

  • Untuk tahap selanjutnya teman-teman buat lagi satu buah file php dengan nama index.php didalam folder project teman-teman yang sejajar dengan file koneksi.php dan file paginasi.php, dimana fungsi dari file index.php tersebut adalah untuk menampilkan data yang akan diterapkan pada paginasi tersebut dan ketikan kodenya seperti di bawah ini :

  • Jika sudah teman-teman bisa save file tersebut, dan lihat hasilnya di browser teman-teman dengan mengakses http://localhost/paginasi
  • Sampai disini teman-teman sudah selesai membuat paging bootstrap di php, jika tidak ada kesalahan maka akan menampilkan output seperti gambar dibawah ini :

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat paging bootstrap di php, semoga bermanfaat.