Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat paging bootstrap di php. perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Paging adalah pembagian halaman pada suatu halaman website yang bisa dibilang penting, tujuan pembuatan paging tersebut adalah untuk membatasi setiap data yang tampil di halaman website teman-teman, Biasanya paging tersebut diterapkan untuk menampilkan data berupa tabel, katalog, dll. Karena terkait dengan data yang banyak, jika ditampilkan secara keseluruhan tentunya akan membuat pengguna website kesulitan, dikarenakan data yang ditampilkan di suatu halaman website tersebut begitu banyak dan membuat pusing user website tersebut. Jika dilihat, hampir di setiap aplikasi website selalu menggunakan paging. Oleh karena itu, paging masuk dalam kategori yang wajib ada di halaman website yang teman-teman buat.

Biasanya langkah mudah untuk membuat paging tersebut seperti dibawah ini :

  1. Teman-teman tentukan terlebih dahulu batas limit untuk data tersebut, kemudian cek pada halaman dan posisi keberapa skrip tersebut dijalankan.
  2. Teman-teman seusaikan query mysql dengan batas limit dan posisi yang akan di tampilkan.
  3. Teman-teman hitung total data tersebut dan halaman dari data tersebut
  4. Kemudian tampilkan button link untuk navigasi halaman tersebut

Berikut contoh kode sederhananya :

Jika dilihat dari kode diatas tersebut adalah kode sederhana untuk membuat paginasi di halaman website teman-teman yang bisa digunakan, lantas bagaimana jika di kombinasikan dengan paginasi bootstrap ?

Pada contoh di sini saya akan contohkan cara membuat paging bootstrap di php yang akan dilanjutkan pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.