Pada tutorial kali ini kita akan membahas Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP, mungkin kita tidak asing lagi dengan kata laba dan rugi apalagi bagi teman-teman yang memiliki jiwa bisnis, jika kita membuat sebuah aplikasi penjualan tentunya kita juga harus memperhitungkan laba dan rugi pada setiap transaksi penjualan tersebut, dan sistem juga harus mampu mendeteksi atau mencek berapa laba dan rugi yang kita peroleh dari hasil penjualan ataupun transaksi yang kita lakukan. Pada tutorial Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP kita akan membuat bagai mana logika untuk mencari laba dan rugi tersebut.

Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP yang pertama kita akan membuat sebuah file index.php, pada file ini kita akan membuat sebuah form sederhana untuk menampung data yang ingin kita masukan, pada saat nilainya telah kita masukan seperti harga jual dan dan modal setelah kita klik tombol submit maka secara otomatis akan muncul hasilnya berupa laba dan rugi yang kita dapat. Dan untuk script index.php seperti dibawah ini :

Setelah kita membuat file index.php berikutnya kita akan membuat proses perhitungannya seperti dibawah ini dengan nama file proses.php.

Pada script diatas terdapat sebuah script

Yaitu berfungsi untuk mengecek, jika Harga lebih besar dari Modal maka kita akan mendapatkan keuntungan atau laba namun jika Modal lebih besar dari Harga maka kita mendapatkan rugi, dan untuk menghitung atau pendapatkan jumlah laba berarti harga dikurang dengan modal, dan sebaliknya jika kita ingin mendapatkan nilai dari ruginya maka modal di kurang dengan harga.

Berikutnya kita akan mencoba memasukan harga jual misalkan 50000, dan modalnya misalkan 30000, jika kita klik tombol submit maka secara otomatis kita akan mendapatkan laba sebesar 20000 seperti yang yang terdapat dibawah ini :

Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP

Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP

Oke teman-teman itu lah pembahasan kita kali ini tentang Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP, sekian dulu tutorial kita kali ini tentang Cara Membuat Perhitungan Laba Rugi Menggunakan PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.