Pada tutorial Cara Membuat Pernyataan if else Menggunakan Python Part 1 kali ini kita akan membahas tentang bagai mana penulisan if dan else pada python.

Pada Bahasa pemrograman python untuk membuat sebuah kondisi sama halnya dengan Bahasa pemgraman yang lain yaitu sama-sama menggunakan if, pada setiap pemrograman if berisi sebuah ekspresi logika menggunakan sebuah data yang telah dibandingkan seperti alur flowchart dibawah ini :

Cara Membuat Pernyataan if else Menggunakan Python Part 1

Untuk penulisan if pada python terdapat tiga penulisan dan setiap kondisi harus di akhiri dengan tanda titik dua (:) untuk strukturnya yaitu seperti dibawah ini :

  1. if digunakan untuk menyatakan satu kondisi   

  1. if … else digunakan untuk menyatakan dua kondisi yaitu kondisi TRUE dan FALSE

  1. if … elif … else digunakan untuk menyatakan lebih dari dua kondisi, elif pada bahasa pemrograman lain yaitu seperti (else if)

oke teman-teman kita akan membuat contoh sederhana seperti dibawah ini :

  1. yang pertama kita akan membuat contoh sederhana dengan menggunakan satu if yang untuk menyatakan satu kondisi seperti dibawah ini :  

ket :

jika nilai sama dengan 60 maka tampilkan “nilai anda adalah 60”

Berikutnya kita juga bisa membuat kondisi if di dalam if (nesting if) seperti dibawah ini :

ket :

Pada if segment diatas memiliki ketentuan nilai if pertama harus bernilai true barulah nilai if yang berikutnya yang akan di proses atau dieksekusi, namun jika nilai if pertama bernilai false maka nilai if yang berikutnya tidak akan di proses, namun jika nilai if yang pertama bernilai true sedangkan nilai if yang kedua bernilai false maka yang akan di proses hanyalah if yang pertama. Berikut hasilnya jika if segment yang kita masukan bernilai true :

selanjutnya kita juga bisa menambahkan is dan is not pada if segment seperti dibawah ini :

  • menggunakan is

  • menggunakan is not

  1. selanjutnya kita akan membuat contoh menggunakan if … else untuk menyatakan dua kondisi yaitu kondisi TRUE dan FALSE seperti dibawah ini :

  1. berikutnya kita akan membuat contoh untuk kondisi menggunakan if … elif … else yaitu seperti dibawah ini :

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara Membuat Pernyataan if else Menggunakan Python Part 1.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Cara Membuat Pernyataan if else Menggunakan Python Part 2