Hallo sobat program, alhamdulilah masih diberikan kesehatan dan nikmat sampai saat ini dan masih dapat melihat artikel saya ini diwebsite dumetschool. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang Cara Membuat Random Images Menggunakan PHP.

Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan fungsi rand() pada PHP. dimana fungsi tersebut bertujuan untuk random (acak), dan disini saya combine atau saya gabungkan fungsi rand ini dengan gambar (images) jadi ceritanya disini saya ingin membuat random (acak) gambar dengan fungsi rand pada php.

Oke untuk lebih jelasnya mari kita mulai Cara Membuat Random Images Menggunakan PHP. langkah pertama teman-teman buat folder terlebih dahulu dan siapkan 4 buah gambar lalu buat file php, seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Membuat Random Images Menggunakan PHP

Jika sudah seperti pada gambar diatas dalam membuat folder serta file php, maka langkah selanjutnya teman-teman tambahkan script php nya seperti pada contoh dibawah ini :

Pada source php diatas saya membuat variable acak dimana menggunakan fungsi rand dan nilai terkecil (min) 1 sampai terbesar (max) 4 lalu saya buat kondisi dengan switch case. Dari kode diatas jika dijalankan/run dibrowser maka hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini :

Cara Membuat Random Images Menggunakan PHP

Pada hasil diatas ketika di refresh maka fungsi rand akan merandom (acak) nilai dari 1-4 dan kondisi switch case akan menerima hasil acakan tsb jika hasil acak 3 maka akan memilih case 3 begitu seterusnya.

Mudah ya teman-teman, jadi seperti itulah contoh sederhana dalam Cara Membuat Random Images Menggunakan PHP. semoga dapat bermanfaat buat teman-teman dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih