Hallo teman-teman,kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat readmore dengan php. Teman-teman mungkin sudah sering melihat pada website yang berisi artikel panjang dan diakhir kalimat terdapat tombol readmore. Yap, readmore ini biasa digunakan untuk membatasi jumlah karakter sehingga tidak terlalu banyak karakter yang ditampilkan. Membuat website menjadi lebih simple dan tidak terlihat penuh. Untuk membuat readmore ini kita akan menggunakan fungsi strlen dan substr untuk memanipulasi karakter yang akan ditampilkan. Oke langsung saja teman-teman buat dahulu sebuah table posting dengan ketentuan sebagai berikut.

1

Lalu isi datanya

2

sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

3

Langkah selanjutnya teman-teman buat file config.php untuk koneksi php ke database.

Kemudian buat file index.php untuk menampilkan teks yang akan diberikan tombol readmore.

pada codingan diatas terdapat fungsi strlen untuk mengetahui jumlah karakter teksnya. Lalu dibuat kondisi jika jumlah karakter teks dibawah 200 maka teks tersebut diprint,jika tidak (lebih dari 200) maka akan dibuat readmore. Cara membuat readmorenya adalah memanipulasi teks dengan substr. Fungsinya untuk membatasi jumlah karakter. Isi substr seperti berikut.

substr(x,y,z).

x = isi teks yang ingin diproses.

y = dimulai pada karakter keberapa.

z = jumlah karakter yang akan ditampilkan.

sehingga seakaan-akan teksnya hanya sebagian yang ditampilkan. Lalu pada akhir kalimat ditambahkan tombol readmore dengan menggunakan tag <a href=””>.

Kemudian yang terakhir teman-teman buat file detail.php untuk tombol readmorenya.

hingga hasil akhirnya akan seperti ini.

4

5

 

Sekian untuk cara membuat readmore dengan php. Semoga bermanfaat !.