Sequence merupakan suatu object yang terdapat pada database yang berfungsi untuk melakukan penomoran otomatis, dan pada Mysql kita mengenal yang namanya Auto Increment yang biasanya digunakan pada Primary Key yang terdapat pada sebuah table didalam database. Auto Increment tersebut bersifat otomatis yang nilainya selalu bertambah, nah pada tutorial kali ini kita akan membahas Cara Membuat Sequence pada Mysql.

Sequence biasanya di gunakan sebagai primary key atau unique key, karena nilai yang terdapat pada primary key tersebut bersifat unik atau nilai yang terdapat pada primary key tersebut tidak dibolehkan ada yang sama dan nilai tersebut biasanya selalu berurutan seperti 1,2,3,4,5…n  dan kolom yang kita gunakan juga tidak boleh Null.

Berikut contoh query yang kita gunakan jika kita menggunakan sequence

Pada sintak yang terdapat diatas terdapat sebuah AUTO_INCREMENT yang berfungsi untuk menghasilkan atau me-generate sequence. Sedangkan NULL atau NOT NULL merupakan sebuah atribut untuk mendefenisikan sebuah kolom atau field yang dapat  diisi dengan sebuah nilai  NULL atau NOT NULL.

Nah disini kita untuk contoh nya kita akan membuat sequence pada Mysql, langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Langkah yang pertama kita akan membuat sebuah table, teman-teman bisa menggunakan sintak dibawah ini untuk membuat tabelnya.

Jika query nya kita jalankan maka akan muncul seperti dibawah ini

Cara Membuat Sequence pada Mysql

  1. Langkah yang kedua kita akan memasukan sebuah data kedalam table murid yang telah kita buat diatas, pada table murid kita tidak perlu memasukan id karena id tersebut akan secara otomatis bertambah, dan untuk contohnya silahkan teman-teman insert query dibawah ini pada table murid yang telah kita buat diatas.

Jika kita jalankan dengan sintak ini SELECT * FROM murid; maka aka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini

Cara Membuat Sequence pada Mysql

Pada table diatas id akan secara otomatis terisi dengan sendirinya pada saat kita insert atau memasukan data kedalam table karena kita menggunakan AUTO_INCREMENT pada table murid.

Nah bagai mana teman-teman cukup paham ya, tentang Cara Membuat Sequence pada Mysql, sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Membuat Sequence pada Mysql.

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.