Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan  cara membuat sitemap di CodeIgniter. Sebelum membahas lebih jauh, saya akan menjelaskan apa itu Sitemap ?

Sitemap adalah peta situs daftar halaman dari website yang biasanya dibutuhkan untuk memberitahukan mesin pencari seperti google tentang halaman-halaman yang ada di website teman-teman. Sitemap sangat penting dari sisi SEO, meskipun tidak berpengaruh terhadap peringkat suatu website, Sitemap dapat membantu teman-teman untuk memberi tahukan kepada google tentang halaman apa saja yang harus di index olehnya, seperti contoh, di website saya memiliki halaman about-us, namun belum ter-index oleh google, lantas bagaimana supaya halaman tersebut ter-index oleh google ?

Caranya adalah menambahkan halaman tersebut ke dalam Sitemap secara manual ke dalam file sitemap.xml. Namun cara tersebut tidak saya sarankan karena masih dengan cara manual, dan saya akan jelaskan bagaimana cara membuat sitemap otomatis di CodeIgniter, namun contoh yang saya jelaskan saya ambil contoh halaman produk.

Berikut langkah-langkah nya :

  • Teman-teman tambahkan terlebih dahulu kode seperti contoh di bawah ini, di dalam file application/config/routes.php :
  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file controller  dengan nama Sitemap.php, tuliskan kode seperti contoh di bawah ini:

  • Teman-teman buat lagi satu buah file di dalam folder model dengan nama model_controller.php, tuliskan kode seperti contoh di bawah ini:

  • Teman-teman buat lagi satu buah file di dalam folder view dengan nama view_sitemap.php, tuliskan kode seperti contoh di bawah ini:

Simpan, dan lihat hasilnya dengan mengunjungi url http://localhost/folder_ci/sitemap .

Sampai di sini penjelasan saya mengenai cara membuat sitemap di CodeIgniter, semoga bermanfaat.