Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat tabel zebra dengan php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk membuat tabel berwarna seperti zebra, yang warnanya selang seling dari baris satu dan baris lainnya, maka teman-teman bisa menggunakan modulo pada php. Seperti contoh, saya menggunakan $no%2 = = 0 yang artinya setiap variable $no yang bernilai genap akan saya rubah warnanya, seperti contoh warna merah(#f00) sedangkan untuk yang genap akan saya rubah warnanya, seperti contoh saya kasih warna hitam(#111).

Lantas, bagaimana cara untuk membuat nya ?

Berikut seperti contoh di bawah ini :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu database dengan nama zebra dan dengan spesifikasi, seperti di bawah ini :

cara membuat tabel zebra warna warni

  • Teman-teman buat satu buah file dengan nama config.php, kemudian salin kode seperti di bawah ini :

Kode di config.php di atas berfungsi untuk akses masuk ke dalam database teman-teman, dan silahkan sesuaikan dengan koneksi teman-teman.

  • Teman-teman siapkan terlebih dahulu satu buat file dengan nama bebas, namun di sini saya beri nama index.php, salin kode di bawah ini :

  • Jika sudah, teman-teman jalankan file index.php tersebut melalui browser teman-teman, maka akan menghasilkan tampilan output seperti gambar di bawah ini :

cara membuat tabel zebra berwarnaUntuk penggunaan tabel berwarna yang lebih dari 2(dua) , sama hal nya seperti di contoh atas.

Sampai di sini penjelasan saya mengenai cara membuat tabel zebra dengan php, semoga bermanfaat.