Hallo balik lagi di tutorial pemrograman Dumet School kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagaimana Cara Membuat Table Dengan Database Manipulation With Database Forge Codeigniter. Teman teman pernah menggunakan library ini pada codeigniter, jika sudah mungkin sudah mengetahui dan paham yah tentang ini tentang membuat table menggunakan fungsi pada codeiniter, kita tidak perlu membuka phpmyadmin ataupun database jenis lainnya, pada kasus ini kita akan menggunakan MySQL pada Database nya

oke langsung saja yu kita praktekan, caranya cukup mudah yah tidak terlalu rumit dan tidak terlalu mengetikan script panjang panjang hehe ..
Oke saya asumsikan teman teman sudah mendownload file codeigniternye yah, dan pada config.php sudah disertakan pada library, masukkan database. Oke jika sudah semua hal yang pertama kita lakukan ialah membuat sebuah controller dan model, buatkan controller beri nama bebas terserah teman-teman kali ini saya akan memberikan nama G_Forge.php, oke jika sudah tambahkan script berikut :

Lalu buatkan model dan beri nama g_forge_db.php, jika sudah coba tambahkan script berikut :

Jika semua sudah coba disave dan jalankan dibrowsernya, dengan mengetikan localhost/namafolder/index.php/namacontroller/ lalu tekan enter jika sudah maka akan tampil keterang ‘table is success created’, tandanya tidak terjadi error dan proses berhasil coba buka phpmyadminNya dan cek nama table yang teman-teman masukkan tadi, oh yah jangan lupa untuk setting terlebih dahulu file database.php isikan nama databasenya yah teman teman .

Oke cukup sekian tutorial tentang Bagaimana Cara Membuat Table Dengan Database Manipulation With Database Forge Codeigniter. Sampai bertemu diartikel selanjutnya dan sampai jumpa.

#KeepLearn

#IsmetMA