Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat tanggal dan hari indonesia di codeigniter part1. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, format datetime pada umumnya adalah date(“Y-m-d H:i:s”); dan terlihat dari format tersebut dimana akan menghasilkan format hari, tahun-bulan-tanggal jam:menit:detik seperti contoh seperti berikut ( Jumat, 04 Januari 2019 17:02 Wib ).

Bukan cuma di php saja, bahkan di mysql pun hanya bisa menyimpan format tanggal seperti formatĀ Y-m-d H:i:s tersebut. Namun apakah teman-teman bisa memanipulasi format tanggal tersebut supaya format yang akan tampil di system yang kalian buat tersebut tampil dalam format yang mudah dipahami dengan format bahasa indonesia ?

Teman-teman bisa memanipulasi format tanggal di CodeIgniter dengan membuat helpers tanggal yang nantinya dari helpers tersebut dapat digunakan untuk menampilkan format tanggal sesuai dengan yang diinginkan, dan pada contoh yang saya buat disini formatnya adalah format indonesia tanggal bulan terbilang dan tahun tanpa pemisah tanda ( – ). Meskipun format dari default datetime tersebut menyertakan waktu namun tidak jadi soal. Untuk membuatnya teman-teman bisa ikuti tahapan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file tgl_indo_helper.php didalam folder Controller/Helpers CodeIgniter
  • Jika sudah ketikan kode didalam file tersebut seperti dibawah ini:

  • Jika sudah save terlebih dahulu file tgl_indo_helper.php tersebut

Sampai disini dan untuk penjelasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara membuat tanggal dan hari indonesia di codeigniter pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.