WordPress menyediakan template default untuk pembuatan halaman. Itu mungkin tidak cukup untuk kebutuhan kita dalam situasi tertentu. Di instalasi WordPress, kita mungkin perlu mengelompokkan satu set halaman dan menampilkannya. Demikian pula kita mungkin harus membuat beberapa grup tata letak yang berbeda. Dalam situasi seperti itu, opsi halaman template khusus yang disediakan oleh WordPress akan berguna. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan dengan detail untuk membantu Anda membuat template halaman khusus menggunakan WordPress.

Template Halaman Custom WordPress

Secara umum, kita akan memiliki template halaman kustom yang disediakan secara default di WordPress. Periksa file page.php dari tema Anda dan itu digunakan sebagai tata letak untuk semua halaman yang Anda buat di WordPress. File template page.php ini digunakan sebagai wireframe untuk membuat semua halaman dan menampilkannya. Dalam contoh kode berikut, mari kita lihat cara membuat template halaman khusus dan menggunakannya untuk menerbitkan halaman baru.

Cara membuat template halaman custum

Template halaman kustom adalah file PHP biasa dengan satu perbedaan. File php ini berisi struktur khusus, header dan isi body. Header template didefinisikan hanya dengan komentar. lihat screen shot berikut, tampilkan halaman default.php dari Twenty_Seventeen theme yang tersedia sebagai bagian dari WordPress.

Cara Membuat Template WordPress Custom

Ketika kita membuat halaman kustom baru, kita perlu mendefinisikan nama template sebagai berikut.

Komentar di atas harus menjadi awal dari template khusus Anda. Baris ini untuk memberi tahu WordPress bahwa ini adalah templat laman khusus. Buat halaman PHP sederhana dan pastekan satu baris di atas dan simpan. Diikuti oleh baris komentar itu, untuk saat ini mari kita buat teks “Hello World!” Dalam tag paragraf HTML. Lalu simpanĀ  dengan nama file “contact-template.php” dan unggah ke folder tema Anda.

Cara menggunakan templat kustom ke Halaman WordPress

Sekarang saya telah membuat kerangka halaman khusus WordPress dan lihat cara menggunakannya. Masuk ke “Tambah Halaman Baru” dan lihat widget side bar “Page Attributes” Akan ada daftar drop-down berlabel “Template”. Dalam daftar drop-down itu, template baru kita akan muncul sebagai “Template Kontak” dan itu adalah nama template yang kita letakan di bagian atas file template halaman.

Cara Membuat Template WordPress Custom

Pilih template baru yang kita buat dan seperti biasa Anda dapat menambahkan konten ke halaman di area konten dan Publikasikan halaman. Anda dapat melihat halaman baru akan memiliki teks “Hello World” dan yang akan memiliki tata letak seperti yang didefinisikan di halaman template kustom baru ini.

Ini hanyalah sebuah contoh, secara real-time kita dapat memiliki dua hingga tiga template dan setiap template akan memiliki tata letak yang berbeda. Sebagai contoh,

  1. satu template dengan tata letak dua kolom dan
  2. template lain dengan tiga tata letak kolom.

Oke itulah pembahasan saya tentang Cara Membuat Template WordPress Custom, semoga bermanfaat.