Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Time Ago Menggunakan PHP, yang di maksud dengan Time Ago disini yaitu kita akan membuat pemberitahuan sudah berapa lama kita melakukan login, atau sudah berapa lama kita memposting artikel, comment, photo dan lain-lain. Fungsi Time Ago ini mungkin sering kita jumpai pada media social seperti facebook, twitter, dan lain-lain seperti pada saat kita akan memposting atau mengupload sebuah photo maka akan muncul seperti, “10 menit yang lalu”, “1 jam yang lalu”, “5 bulan yang lalu”, “1 tahun yang lalu” dan waktu tersebut akan selalu melakukan updating sudah berapa lama photo atau pun file-file tersebut di upload.

Nah dengan adanya Time Ago maka orang akan dengan mudah mengetahui berapa lama orang tersebut memposting sebuah artikel ataupun komentar, dan fungsi Time Ago ini juga lebih mudah dipahami dibandingkan dengan melihat tanggal secara rilnya.

Oke teman-teman biar teman-teman lebih paham tentang Cara Membuat Time Ago Menggunakan PHP kita langsung saja masuk ke study casenya tentang Cara Membuat Time Ago Menggunakan PHP.

Langkah pertama yaitu kita akan membuat sebuah function dengan nama functionnya time.php dan silahkan teman-teman simpan script di bawah ini pada file time.php.

Setelah kita membuat time.php sebagai functionnya selanjutnya kita akan membuat file index.php untuk menampilkan hasil dari script yang telah kita buat, dan untuk script index.php nya seperti dibawah ini :

Nah pada file index.php terdapat sebuah script echo time_since(strtotime(‘2017-07-14 15:30:00’)); yaitu berfungsi sebagai tanggal pada saat kita ingin mengupload data atau file, maka akan secara otomatis hasil yang akan ditampilkan akan selalu update dan menyesuaikan dengan waktu yang sekarang, seperti “1 jam yang lalu” atau pun “1 menit yang lalu”, sesuai dengan lama waktu yang telah kita tentukan dengan waktu pada saat sekarang ini.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita kali ini tentang Cara Membuat Time Ago Menggunakan PHP, dan sekian dulu tutorial kita kali ini tentang Cara Membuat Time Ago Menggunakan PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.