Melanjutkan dari sesi sebelumnya dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat validasi password lama dengan md5 php part2. Jika pada penjelasan saya di sesi sebelumnya sudah menjelaskan apa itu md5 dan saya kira teman-teman sudah memahaminya, selain itu teman-teman juga sudah membuat form beserta dengan komponen-komponen form html untuk keperluan ubah password. Namun pada kesempatan ini saya akan melanjutkan untuk membuat proses php nya dari form html yang sudah dibuat sebelumnya, dan nantinya kode php tersebut dikolaborasikan ke dalam kode html.

Didalam kode proses php tersebut nantinya akan dibuat kondisi untuk validasi pengecekan apabila nilai dari setiap komponen-komponen form tersebut kosong maka akan menampilkan pesan Input Form tidak boleh ada yang kosong..! dan apabila komponen pada komponen password lama tidak sesuai dengan password yang nantinya ada di record table database maka akan menampilkan pesan password lama tidak sesuai. Langsung saja untuk melanjutkan dari contoh yang sebelumnya sudah teman-teman buat bisa ikuti tahapan yang saya buat dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Buka file index.php yang sudah dibuat sebelumnya
  • Tambahkan kode seperti berikut, tepat setelah tag html

    berikut kodenya :

    Sehingga kode lengkapnya di file index.php tersebut seperti berikut :
  • Jika sudah selanjutnya save file index.php tersebut.
  • Lihat hasilnya di browser kalian dengan mengetikan http://localhost/nama_folder_project_latihan
  • Jika teman-teman mengikuti tahapan-tahapan yang saya contohkan dengan benar maka akan menmpilkan output seperti berikut :

hasil-aoutput-cara-membuat-validasi-password-lama-dengan-md5-php-part2

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat validasi password lama dengan md5 php part2, semoga bermanfaat.