Halo teman-taman pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 1, pada materi sebelumnya kita telah membuat sebuah Visitor Counter tapi belum terkoneksi ke database. Nah pada pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat Visitor Counter dengan koneksi ke database, jadi jumlah pengunjung yang berkunjung ke website kita dapat diketahui dan data jumlah pengunjung tersebut juga akan kita simpan kedalam database.

Pada tutorial Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 1, kita akan membuat cara meginput data dari pengunjung tersebut kedalam database.

Langkah pertama yang akan kita buat yaitu, kita akan membuat sebuah database dengan nama databasenya visitor, didalam database visitor kita akan membuat sebuah table database dengan nama table counterdb, lebih kurang struktur table yang akan kita buat seperti dibawah ini.

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 1

Setelah kita membuat databasenya berikutnya kita akan membuat file koneksinya, dan silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama file koneksi.php

Berikutnya kita akan membuat proses untuk counternya, dan silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama counter.php

Oke teman-teman cukup sekian dulu tutorial saya kali ini  tentang Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 1, dan untuk file index nya akan kita bahas pada tutorial Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 2.

Sekian dulu tutorial saya kali ini semoga bermanfaat

Terimakasih.

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 2