Halo teman-teman pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Membuat Visitor Counter (Menghitung Jumlah Pengunjung) Menggunakan PHP. Sebelum kita masuk ke study case yang pertama kita akan bahas terlebih dahulu yaitu tentang apa itu Visitor Counter.

Visitor Counter atau biasa kita sebut dengan menghitung jumlah pengunjung merupakan sebuah jumlah dalam bentuk angka, jika teman teman sering menggunakan blog tentunya teman-teman sering melihat berapa jumlah view dari blog kita, dan Visitor Counter juga sering kita kunjungi di youtube, pada  youtube Visitor Counter digunakan untuk menghitung berapa jumlah orang yang melihat video tersebut, dan Visitor Counter juga bisa kita terapkan pada website yang kita miliki sehingga kita dapat mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi website kita.

Nah pada tutorial kali ini kita akan membahas bagai mana Cara Membuat Visitor Counter (Menghitung Jumlah Pengunjung) Menggunakan PHP.

Langkah pertama kita akan membuat file index.php yang berfungsi untuk menampilkan isi dari website kita, dan silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama index.php

Selanjutnya kita akan membuat proses Counternya, dan silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama counter.php

Berikutnya kita akan buat file counter.txt dengan menggunakan notepad,  file counter.txt berfungsi untuk menyimpan jumlah view pada saat website kita lihat oleh pengunjung.

Jika kita jalankan pada browser maka hasilnya seperti dibawah ini

Cara Membuat Visitor Counter (Menghitung Jumlah Pengunjung) Menggunakan PHP

Bagai mana teman-teman cukup mudah bukan Cara Membuat Visitor Counter (Menghitung Jumlah Pengunjung) Menggunakan PHP, nya Visitor Counter, yang kita buat kal ini belum menggunakan database, tapi fungsi dari counter.txt yang telah kita buat di atas yaitu untuk menyimpan total pengunjung dan untuk memasukan data Visitor Counter kedalam database akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.

Sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Membuat Visitor Counter (Menghitung Jumlah Pengunjung) Menggunakan PHP, semoga bermanfaat

Terimakasih.

Download Script

Cara Membuat Visitor Counter Menggunakan PHP MySQL Part 1