Melanjutkan dari sesi sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat watermark pada gambar di php part2, jika pada sesi sebelumnya teman-teman sudah buat beberapa file imageswatermark.php. Dan dari fungsi file tersebut adalah untuk proses pembuatan watermark tersebut. Sebelum saya lanjutkan dari tahapan sebelumnya saya sarankan teman-teman download terlebih dahulu untuk jenis font yang akan teman-teman gunakan nantinya di https://github.com/briandumet/download, jika sudah exstract file zip tersebut dan pindahkan file fontswatermark di dalam folder project teman-teman yang sejajar dengan file yang sebelumnya sudah dibuat. Jika sudah teman-teman bisa ikuti dari tahapan selanjutnya seperti di bawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Sampai disini saya asumsikan teman-teman sudah mengikuti tahapan sebelumnya dari saya, dan sudah buat file dengan nama imageswatermark.php beserta dengan gambar yang mau di jadikan watermark nya.
  • Selanjutnya teman-teman buat lagi satu buah file dengan nama index.html, dan ketikan seperti kode berikut :

  • Jika sudah teman-teman save terlebih dahulu file tersebut
  • Selanjutnya untuk kode ” src= gambar.jpg ” teman-teman bisa sesuaikan dengan nama gambar yang teman-teman ingin pasangkan watermarknya, namun perlu di ingat, untuk lokasi file gambar tersebut haruslah sejajar dengan file index.html dan file lainnya atau tepat di dalam root folder project yang teman-teman buat sebelumnya.
  • Dan untuk konfigurasi yang dapat teman-teman sesuaikan pada kode di file imageswatermark.php , berikut penjelasannya seperti di bawah ini :

  • Untuk kode tersebut tinggal teman-teman sesuaikan dengan keinginan teman-teman sesuai dengan yang saya terangkan dan saya kasih koment di kode tersebut, dan yang paling terpenting adalah pada kode $fontPath, $wm_font, dan $message.
  • Jika sudah teman-teman bisa lihat hasilnya melalui browser kesayangan teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat watermark pada gambar di php part2, semoga bermanfaat.