Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat watermark pada gambar di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, watermark adalah copyright atau hak cipta yang terdapat di setiap gambar website yang teman-teman buat. Tujuan dari watermark tersebut dimana supaya gambar yang teman-teman miliki di website tidak copy paste atau tidak di salah gunakan oleh orang lain, karena dari watermark tersebut menandakan hak cipta pembuat gambar tersebut atau pemilik gambar tersebut. Dan jika teman-teman menggunakan CMS seperti wordpress, tentunya plugin untuk pembuatan watermark tersebut sangat banyak tersedia di internet, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Namun yang akan saya jelaskan beserta dengan contohnya adalah membuat watermark khusus di php native.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah folder project dengan nama watermark di dalam folder webserver local teman-teman seperti xampp/htdocs
  • Jika sudah buat terlebih dahulu satu buah file dengan imageswatermark.php, dan ketikan kode seperti berikut :

  • Jika sudah save terlebih dahulu file tersebut.

Untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskanĀ cara membuat watermark pada gambar di php pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.