Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara Menambahkan Penanda untuk Menunjukkan Lokasi di Google Maps. API Javascript Google Map menyediakan data geografis berdasarkan permintaan yang dikirim melalui skrip sisi klien. Dalam tutorial ini, kita akan melihat bagaimana menambahkan penanda untuk menunjukkan berbagai lokasi di Google Maps.

Dalam contoh ini, saya telah membaca lokasi dari database negara yang berisi jumlah nama negara. Saya mengulangi hasil negara dan mendapatkan koordinat lintang dan bujur menggunakan Layanan Google Map GeoCoding. Dengan menggunakan koordinat lokasi, saya telah menambahkan marker untuk menemukan negara-negara di Peta. Pada mouse di atas penanda peta, saya telah menunjukkan tooltip dengan nama negara dengan mengatur parameter judul.

Membaca Nama Negara Dari Database

Kode PHP ini menghubungkan database menggunakan kelas DBController dan membaca nama negara ke dalam sebuah array. Kumpulan hasil ini digunakan untuk mendapatkan koordinat lokasi yang bisa digunakan untuk menambahkan penanda peta.

File DBController.php

 

Javascript untuk Menambah Penanda Lokasi di Google Map

Kode Javascript berikut digunakan untuk mendapatkan koordinat lokasi untuk nama negara yang diambil dari database. Saya mengulangi hasil basis data dan mendapatkan koordinat lintang dan bujur negara pada setiap iterasi pengulangan menggunakan layanan Google Map GeoCoding. Kemudian, data lokasi ini akan digunakan untuk memplot lokasi negara di peta dengan marker. Peristiwa mouseover pada penanda akan menunjukkan nama negara dengan tooltip.

hasil dari Cara Menambahkan Penanda untuk Menunjukkan Lokasi di Google Maps lihat di bawah ini;

Cara Menambahkan Penanda untuk Menunjukkan Lokasi di Google Maps

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Menambahkan Penanda untuk Menunjukkan Lokasi di Google Maps, semoga bermanfaat.