Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menampilkan array dengan looping di PHP. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya Array adalah kumpulan beberapa data yang disimpan dalam satu variabel dengan masing-masing type datanya. Jika Variabel hanya dapat menyimpan satu nilai saja, namun Array dapat menampung lebih dari satu nilai berikut dengan type data dari masing-masing data tersebut. Array terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :

1. Array Indeks

Array tersebut merupakan array yang mengidentifikasi urutan isinya dengan indeks angka. Dan index tersebut dimulai dari angka 0 dan seterusnya. Penulisan array terindeks cukup menyertakan operator bracket [..] dan didalamnya didefinisikan sesuai urutan array yang dimulai dari angka 0.

2. Array Asosiatif

Array tersebut merupakan array yang menggunakan key name, dan sering disebut dengan istilah indeks string. Namun tidak sepenuhnya tepat karena array tersebut tidak seperti Array indeks angka yang bisa mengindeks secara otomatis. Saat membuat array assosiatif tersebut harus menyebut key name terlebih dahulu yang diikuti dengan nilainya. Berikut contoh penulisannya:

3. Array Multi Dimensi

Array tersebut adalah array yang berisi satu atau lebih. Metode ini diperlukan pada saat teman-teman membutuhkan penyimpanan lebih dari satu key name. Berikut contoh penulisannya:

Dan pada contoh yang saya berikan dimana untuk mencetak semua Array tersebut dengan menggunakan perulangan for, dengan tujuan ketika suatu saat ada penambahan Array cukup memasukan data Array tersebut di dalam variabel Array.

Berikut Contohnya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama index.php di dalam folder web server teman-teman
  • Jika sudah ketikan seperti kode berikut :

  • Jika sduah save file tersebut dan lihat hasilnya di browser teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menampilkan array dengan looping di PHP. Semoga Bermanfaat.