Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan dan menyembunyikan kesalahan error di php. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat menyebab kan error pada PHP. Tentunya yang mengacu kepada kode yang memiliki kesalahan tertentu, baik itu fatal error, atau yang lainnya. Namun, disini akan saya jelaskan cara mudah untuk menampilkan teks error di PHP. Beberapa orang mungkin ingin menampilkan kesalahan dari kode saat mencoba sesuatu dalam mode debugging, terkadang sebagian hosting tidak menampilkan error dari kode dan hanya dapat dilihat dari logs panel saja, tapi yang akan saya jelaskan di sini, dapat dilihat langsung dalam bentuk teks.

Bentuk error yang terdapat bermacam macam, contohnya seperti fatal error, user autentikasi error dan lain-lain. Semuanya memiliki level yang berbeda-beda dan dapat di tampilkan menjadi satu yakni menggunakan E_ALL. Berikut ini contoh pemanggilan dari salah satu file penting dan dapat melalui file PHP langsung, php.ini, atau dari .htacceess.

Berikut kode di bawah ini :

Contoh di file PHP :

  • Teman-teman bisa sisipkan kode berikut di baris pertma file index.php teman-teman, berikut kode nya :

Contoh di file php.ini :

  • Teman-teman bisa sisipkan kode berikut pada file xampp/php/php.ini, berikut kode nya :

Contoh di file .htaccess :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu file dengan inisial .htaccess di root project teman-teman, lalu tambahkan kode seperti berikut :

Teman-teman dapat menggunakan salah satu dari ketiga opsi diatas, dan khusus untuk php.ini, file tersebut jarang bisa untuk di gunakan secara langsung dari ROOT web, karena di beberapa Sistem Operasi, file tersebut bisa saja ada di folder /etc/ atau /etc/php5/apache2/. dan hanya dapat di edit dengan bantuan SSH shell akses. Sedangkan untuk .htaccess dan PHP saya asumsikan teman-teman sudah tau cara menggunakan nya. Beberapa penyedia hosting mungkin men-disable format pemanggilan php value error pada file .htaccess, dan saya sarankan lebih baik teman-teman menggunakan opsi ke tiga yakni langsung dari file PHP teman-teman dengan menambahkan kode error_reporting() di setiap baris pertama.

Sampai di sini penjelasan saya mengenai cara menampilkan dan menyembunyikan kesalahan error di php, semoga bermanfaat.