Halo teman-teman pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang Cara Menampilkan Data dari MySQLi Menggunakan OOP, untuk artikel kali ini lanjutan dari tutorial sebelumnya tentang Cara Membuat Koneksi MySQLi Menggunakan OOP, nah jadi untuk menampilkan data dari database kita juga memerlukan file koneksi seperti yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya,.

Nah pada tutorial sebelumnya kita telah membuat databasenya dengan nama sekolah, berikutnya kita akan buat tablenya, untuk menampung data-data yang akan kita input nantinya, dan silahkan teman-teman buat table baru pada database sekolah dengan nama table misalkan murid . Dan didalam table murid terdapat id, nama, alamat, jeniskelamin, tanggal seperti contoh dibawah ini,.

cara-menampilkan-data-dari-mysqli-menggunakan-oop

Pada table diatas kita menggunakan AUTO_INCREMENT yang berfungsi untuk membuat id yang kita gunakan ketika di input maka id tersebut akan secara otomatis akan bertambah secara otomatis.

Berikutnya silahkan teman-teman masukan data pada table yang telah kita buat seperti dibawah ini

cara-menampilkan-data-dari-mysqli-menggunakan-oop

Untuk penginputan data dengan menggunakan query kita akan bahas pada tutorial selanjutnya, tapi pada tutorial kali ini kita akan mencoba menampilkan data yang telah kita input melalui php Myadmin.

Jika semua proses diatas telah teman-teman buat seperti koneksi data, membuat database, membuatĀ  table, dan yang terakhir mengisi data pada table yang telah kita buat, selanjutnya kita akan masuk pada proses selanjutnya yaitu membuat query untuk menampilkan data yang telah kita input sebelumnya, perintah query-nya seperti dibawah ini,.

Untuk melakukan pengujian kita menggunakan if statement dengan menggunakan metode num_rows, seperti dibawah ini,.

Untuk menampilkan data kita menggunakan metode fetch_assoc, seperti script yang terdapat dibawah ini

berikutnya kita akan buat sebuah variable untuk mengakses setiap array nya berdasarkan nama dan index array, seperti dibawah ini

Untuk menjalankannya silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama murid.php

Jika kita jalankan pada browser maka hasilnya seperti dibawah ini

cara-menampilkan-data-dari-mysqli-menggunakan-oop

Bagai mana teman-teman cukup mudah bukan, Cara Menampilkan Data dari MySQLi Menggunakan OOP-nya,

Sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Menampilkan Data dari MySQLi Menggunakan OOP, semoga bermanfaat

Terimakasih.

Cara Membuat Koneksi MySQLi Menggunakan OOP

Cara Menginput Data MySQLi Menggunakan OOP

Cara Menghapus Data MySQLi Menggunakan OOP