Melanjutkan dari sesi sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menampilkan data record hanya bulan ini di php dan mysql part2. Jika pada sesi yang sebelumnya teman-teman sudah membuat struktur table_barang beserta dengan isi record dummynya. Pada sesi ini teman-teman sudah bisa langsung membuat kode beserta dengan koneksi database mysql di php. Namun perlu teman-teman perhatikan lagi sebelumnya, sesuai dengan judul dari penjelasan ini dimana bulan adalah sebagai acuan untuk menampilkan data tersebut secara realtime pada bulan sekarang secara automatic. Teman-teman lihat pada field tgl_masuk yang ada di table tersebut, dimana field tersebut type field nya adalah DateTime. Lantas apakah bisa melakukan pencarian dengan type data field DateTime tersebut. Perlu teman-teman ketahui lagi sebelumnya, untuk mencari data yang terkait bulan sekarang dengan type data field tersebut bisa menggunakan fungsi MONTH(field_datetime) pada kondisi query mysql nantinya. Dan fungsi tersebut tidak hanya bisa untuk type data field DateTime, melainkan Date pun bisa. Langsung saja untuk melanjutkan dari tahapan sebelumnya teman-teman bisa ikuti tahapan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file koneksi php dengan nama koneksi.php di dalam folder project teman-teman, dan ketikan kode seperti dibawah ini :

note: sesuaikan dengan koneksi database kalian, seperti server, user dan password databasenya. (untuk setelan diatas merupakan default bawaan webserver xampp)

  • Selanjutnya buat lagi satu buah file dengan nama index.php yang sejajar dengan file yang sebelumnya dibuat, jika sudah ketikan kode seperti dibawah ini :

  • Jika sudah teman-teman save kedua file tersebut, dan lihat hasilnya melalui browser kesayangan kalian.
  • Maka akan menampilkan output data seperti dibawah ini :

hasil cara menampilkan data record hanya bulan ini di php dan mysql

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menampilkan data record hanya bulan ini di php dan mysql part2, semoga bermanfaat.