Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menampilkan data tanpa duplikasi reqord di PHP. perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk menampilkan data tanpa duplikasi reqord di php bisa menggunakan fungsi distinct() di dalam query mysql teman-teman. Fungsi dari distinct tersebut dimana dapat digunakan untuk memfilter data yang sama pada suatu tabel di mysql dari hasil output SELECT tanpa menghapus data duplikasi tersebut. Dengan menggunakan fungsi distinct() tersebut, teman-teman bisa memanipulasi hasil output apabila terdapat banyak data yang sama, dan hanya akan di tampilkan satu data dari hasil output tersebut. Seperti yang sudah teman-teman ketahui, jika pada suatu tabel yang teman-teman buat tidak dimemiliki kunci field (Primary Key), maka tabel di database teman-teman akan terdapat banyak record yang sama dan tidak adanya salah satu field sebagai acuan untuk membedakan suatu data. Sedangkan kebanyakan tabel yang teman-teman buat, membutuhkan suatu data yang unik diantara data-data yang sama tersebut, Namun pada fungsi distinct() yang sudah disediakan mysql tidak berpengaruh kepada kunci primary key tersebut. Untuk menggunakannya, berikut kodenya seperti dibawah ini :

Jika diuraikan dari kode tersebut, memerintakan mysql untuk menampilkan reqord tanpa adanya duplikasi data pada nama_kolom yang dijadikan sebagai acuan tanpa menghapus reqord tersebut, dan untuk reqord yang hanya disembunyikan atau tidak di tampilkan semuanya melainkan hanya satu sebagai perwakilan dari duplikasi data yang terkait. Untuk memperaktekannya langsung.

Teman-teman bisa ikuti saya seperti di bawah ini :

  • Teman-teman buat satu database dengan nama kampus
  • Jika sudah buatlah satu buah tabel dengan nama tabel siswa, dengan struktur seperti berikut :

tabel-siswa

  • Jika sudah, silahkan teman-teman isi dengan reqord seperti di contoh ini :

reqord-tabel-siswa

  • Selanjutnya teman-teman bisa salin kode qiuery, seperti contoh di bawah ini :

  • Jika sudah, teman-teman save file tersebut dan lihat hasilnya pada browser teman-teman, maka outputnya akan menampilkan semua data pada tabel siswa tanpa adanya duplikasi data yang mengacu pada satu field yaitu field nama_siswa.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menampilkan data tanpa duplikasi reqord di PHP, semoga bermanfaat.