Tutorial MySQL kali ini akan membahas Cara Menampilkan GRANTS untuk Pengguna di MySQL.

Penjelasan

Jika teman-teman bertanya, apakah ada perintah MySQL yang bisa dijalankan untuk menampilkan seluruh GRANTS untuk pengguna (user) di MySQL? Jawabannya adalah, di MySQL Teman-teman dapat menggunakan perintah SHOW GRANTS untuk menampilkan semua informasi GRANTS untuk pengguna. Ini akan menampilkan hak istimewa yang ditugaskan kepada pengguna menggunakan perintah GRANT.

 

Syntax

Syntax untuk perintah SHOW GRANTS di MySQL adalah:

 

Penjelasan Parameter
user_name
Nama pengguna atau user yang ingin kita ditampilkan informasi GRANTS-nya

 

Catatan
  • Untuk melihat hak istimewa pengguna (yang bukan CURRENT_USER), teman-teman harus memiliki hak istimewa atau statement SELECT di database MySQL.

 

Contoh

Mari kita lihat contoh bagaimana menggunakan perintah SHOW GRANTS di MySQL untuk menampilkan informasi GRANTS untuk pengguna.

Sebagai contoh:

 

Contoh ini akan menampilkan semua informasi GRANTS untuk pengguna yang disebut ‘marcel. Setiap baris yang dikembalikan oleh perintah SHOW GRANTS adalah pernyataan GRANT yang dapat digunakan untuk membuat ulang hak istimewa. Ini adalah cara yang bagus untuk menangkap hak istimewa yang mungkin ingin teman-teman simpan untuk nanti.

Dalam contoh pertama ini, ketika teman-teman tidak menentukan host untuk nama pengguna, MySQL menganggap ‘%’ sebagai tuan rumah. Jadi contoh di atas akan sama dengan perintah SHOW GRANTS berikut.

 

Sekarang mari kita lihat contoh bagaimana menggunakan perintah SHOW GRANTS ketika kita ingin menentukan host.

Sebagai contoh:

 

Contoh SHOW GRANTS ini akan mengembalikan informasi GRANTS untuk pengguna yang disebut ‘marcel’ pada host yang disebut ‘localhost’.