pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mencari bilangan array terbesar dengan php. Pada penjelasan yang saya akan jelaskan disini dimana dari suatu bilangan yang tersimpan di array pasti ada salah satu bilangan tersebut yang paling tertinggi dan juga bilangan yang paling terkecil dibandingkan dengan bilang-bilangan lain yang terdapat di Array tersebut. Jika menggunakan JavaScript, untuk mencari bilangan yang tertinggi di suatu Array tentunya terdapat beberapa metode yang bisa digunakan salah satunya yaitu dengan menggunakan method Math.max JavaScript yang memang dikhususkan untuk mencari nilai yang paling tertinggi dari sekumpulan bilangan di Array tersebut. Namun cara yang akan saya terapkan dengan PHP disini adalah dengan menggunakan perulangan yang nantinya juga dikombinasikan dengan kondisi perbandingan. 

Perlu teman-teman ketahui, pada contoh disini fungsi perulangan yang akan saya gunakan adalah menggunakan perulangan for() , yang kemudian akan dilakukan kondisi perbandingan dari nilai terbesar yang ada di bilagan Array tersebut. Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa teman-teman terapkan untuk mencari nilai atau bilangan terbesar di dalam Array, metode pertama diantaranya adalah dengan metode perbandingan dan perulangan seperti point utama yang akan saya jelaskan disini, dan cara kedua yaitu dengan menggunakan fungsi max() php yang memang sengaja dikhususkan untuk mencari nilai tertinggi didalam Array. Untuk menerapkan kedua metode tersebut, teman-teman bisa ikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Penjelasannya

1. Menggunakan perulangan for().

  • Sebelumnya teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama metodesatu.php di dalam folder project teman-teman.
  • Jika sudah, ketikan kode seperti berikut :

  • Sampai disini jika sudah teman-teman save file tersebut terlebih dahulu, dan lihat hasilnya di browser teman-teman.
  • 2. Menggunakan fungsi max()

  • Sebelumnya teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama metodedua.php
  • Jika sudah, ketikan kode seperti berikut :

  • Sampai disini jika sudah teman-teman save file tersebut terlebih dahulu, dan lihat hasilnya di browser teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara mencari bilangan array terbesar dengan php, semoga bermanfat.