Hallo sobat program, alhamdulilah masih diberikan nikmat serta panjang umur serta sampai bertemu kembali dengan saya Rizal diwebsite dumetschool. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial dan tips tentang Cara Mencari Letak Posisi String pada PHP.

Dipembahasan ini nantinya kita akan membuat sebuah variable yang nilainya berupa string dan nantinya akan kita cari letak posisi suatu kalimat atau huruf tsb. Dan untuk mengetahui posisi kalimat atau huruf berada diurutan index ke berapa maka kita memerlukan sebuah fungsi dari php yaitu strpos().

Didalam php sudah disediakan fungsi strpos() dimana fungsi tsb telah ada pada PHP yang gunanya untuk mencari tahu dimana posisi sebuah karakter atau string. Untuk contoh syntax fungsi tsb seperti ini : strpos(string,findstart).

Dan untuk lebih jelas penggunaannya simak tutorialnya dibawah ini :

Cara Mencari Letak Posisi String pada PHP

Langkah pertama buat sebuah folder didalam htdocs langkah selanjutnya ketiklah script dibawah ini dan simpan dengan nama strpos.php :

Jika sudah langkah selanjutnya silahkan teman-teman jalankan/run dibrowser yang teman-teman gunakan dengan mengetik localhost/namafolder/namafile pada url browser teman-teman. Jika benar maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini :

cara mencari letak posisi string pada php

Oke sangat mudah ya teman-teman, dan perlu di ingat bahwa dalam sebuah karakter atau string dihitung dari index ke -0 dan seterusnya. jadi seperti itulah contoh untuk Cara Mencari Letak Posisi String pada PHP. semoga ditutorial kali ini dapat bermanfaat buat teman-teman dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih