Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mencatat jumlah pembaca artikel website dengan php. Jika pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan cara mencatat jumlah pengunjung di website php dan dari penjelasan tersebut ada pertanyaan dari salah satu teman setia untuk mencatatnya disetiap artikel, namun tersimpan didatabase. Dan pada penjelasan ini saya akan memberikan tahapan-tahapan dalam pembuatannya beserta dengan contoh sesuai kasus yang diinginkan.

Proses yang nantinya akan dibuat dimana ketika salah satu pengunjung membaca artikel tersebut, maka akan tercatat dan tersimpan didatabase sehingga disetiap artikel terdapat jumlah yang melihat setia[p artikel. Mungkin sebagian dari kalian pernah melihat di website-website buatan wordpress, dimana disetiap artikel tersebut ada jumlah viewer sehingga dari artikel-artikel tersebut memudahkan pemilik situs tersebut untuk memonitoring artikel apa saja yang menarik dan yang sedang dicari para pengunjung. Untuk membuatnya, kalian bisa mengikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.’

Berikut Tahapannya :

  • Disini saya asumsikan, kalian sudah memiliki table artikel, dimana table tersebut fungsinya untuk menampung masing-masing dari setiap artikel.
  • Selanjutnya tambahkan satu buah field baru di table artikel tersebut dengan nama field viewer int(5)
  • Selanjutnya buat satu buah table baru dengan nama session_viewer dengan struktur fields seperti berikut:

table-session-viewer

  • Jika sudah, buka file php tempat kode untuk detail artikel diwebsite teman-teman tersimpan, pada contoh disini kode detail artikel tersebut saya simpan di file dengan nama detail_artikel.php
  • Selanjutnya tambahkan kode pengecekan ip pengunjung dari table session_viewer , seperti kode berikut:

  • Jika sudah save file detail artikel tersebut dan uji hasilnya dengan mengunjungkan setiap artikel di website kalian. Jika kalian mengikuti tahapan yang saya berikan dengan benar, maka akan terlihat seperti gambar berikut:

output-cara mencatat jumlah pembaca artikel website dengan php

Note: untuk menampikan jumlah viewer seperti yang saya beri tanda kotak merha pada gambar diatas, kalian cukup memanggil fields viewer yang sebelumnya ditambahkan pada table artikel teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara mencatat jumlah pembaca artikel website dengan php, semoga bermanfaat.