Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mendapatkan id auto_increment terakhir di mysql dengan php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, dimana untuk mendapatkan id terakhir pada php versi php yang lama, teman-teman cukup menggunakan kode php mysql_insert_id(); . Namun kode tersebut tidak bisa digunakan lagi di PHP versi yang terbaru. Lantas untuk apa sebenarnya fungsi tersebut ?. fungsi mysql_insert_id(); tersebut adalah untuk mengambil id terakhir yang di insert di mysql dengan tujuan id tersebut bisa digunakan id nya untuk keperluan lainnya yang nantinya saling berelasi antara tabel pertama dan tabel berikutnya. Untuk membuat aplikasi berbasis web yang kompleks yang membutuhkan relasi antar tabel, di dalam aplikasi website yang teman-teman buat pasti membutuhkan id terakhir yang di insert (masukan) di field auto_increment tabel teman-teman.

Berikut seperti contoh kasus di bawah ini :

  • Saya memiliki tiga buah tabel dengan nama produk, kategori_produk dan produk_kategori, dimana dari tabel produk_kategori adalah tempat penyimpanan data berdasarkan kategori yang di pilih pada saat melakukan input produk, dan data tersebut terpisah penyimpanannya dari tabel_produk. Karena penyimpanan hasil dari pemilihan multiple kategori yang terpisah, maka di tabel tempat penyimpanan tersebut membutuhkan inisial id berdasarkan produk yang memiliki kategori tersebut, maka pada saat melakukan query penyimpanan pada saat input data produk, untuk melakukan query penyimpanan hasil pemilihan kategori_produk membutuhkan id berdasarkan id produk tersebut. Lantas bagaimana caranya teman-teman mendapatkan id produk tersebut di saat melakukan proses penyimpanan data produk dan kategori yang secara bersamaan ? Tentunya cuma ada satu cara untuk mendapatkan id produk tersebut, yakni dengan melakukan select last_insert_id() , yang berfungsi untuk mengambil id produk yang terakhir di input pada tabel produk tersebut.

Berikut kodenya seperti di bawah ini :

Pada kode tersebut teman-teman bisa masukan setelah kode query insert ke dalam tabel induknya yang memiliki relasi dengan tabel tersebut seperti pada contoh kode di atas, dan kemudian melakukan pengecekan id terakhir ke tabel induk tersebut dengan perintah select mysql, jika sudah tampung id tersebut ke dalam satu variabel seperti contoh kode diatas, yang di tampung dengan variabel $id.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara mendapatkan id auto_increment terakhir di mysql dengan php, semoga bermanfaat.