Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menerapkan Ternary Operators di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Ternary Operators merupakan operator yang melibatkan tiga operand. Dimana operator tersebut dilambangkan dengan tanda ? dan : yang berguna untuk melakukan pemilihan terhadap nilai tertentu dan pemilihan tersebut didasarkan atas ekspresi tertentu. Adapun bentuk umum dari penggunaan Ternary Operators ini adalah sebagai berikut.

Dari ekspresi tersebut maksudnya adalah ketika ekspresi1 bernilai True atau benar maka akan menjalankan ekspresi yang ke 2 dan sebaliknya, apabila ekspresi1 bernilai False atau salah maka akan menjalankan ekspresi yang ke 3, atau seperti pada umumnya percabangan if dan else dimana akan menjalankan kondisi pertama if apabila nilainya True dan sebaliknya akan menjalankan else apabila nilainya bernilai False.

Seperti yang saya contohkan dibawah ini, jika saya menggunakan percabangan yang umum maka kodenya seperti berikut:

Namun ketika teman-teman ringkas dengan menggunakan Ternary Operators di percabangan PHP, maka kode tersebut akan menjadi seperti berikut :

Selain dari cara diatas cara penulisan lainnya untuk menandai akhir perintah IF, yaitu diawali dengan tanda titik dua (:) yang diakhiri dengan endif sebagai pengganti operator } (kurung kurawa). Sehingga penulisannya menjadi seperti berikut:

Untuk penggunaan yang lebih kompleks dari contoh tersebut tinggal teman-teman sesuaikan dan kreasikan lagi. Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menerapkan Ternary Operators di php, semoga bermanfaat.