Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mangamankan password menggunakan hashing md5 php. Sebelum saya membahas lebih jauh, saya akan menjelaskan apa itu hashing md5 ?

Penjelasan MD5

Hashing md5 (Message-Digest algortihm 5) adalah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. Password MD5 merupakan salah satu perlindungan kepada user dalam menggunakan fasilitas internet di dunia maya, terutama yang berhubungan dengan password. Selain itu md5 sudah di dukung oleh mysql database.

Cara Kerja MD5

MD5 mengolah blok 512 bit, dibagi kedalam 16 subblok berukuran 32 bit. Keluaran algoritma diset menjadi 4 blok yang masing-masing berukuran 32 bit yang setelah digabungkan akan membentuk nilai hash 128 bit. Pesan diberi tambahan sedemikian sehingga panjang menjadi k-bit, dimana k = 512n – 64 bit. dan merupakan blok masukan. Tambahan ini diperlukan hingga pesan menjadi k bit. Kemudian 64 bit yang masing kosong, dibagian akhir, diisi panjang pesan. Inisiasi 4 variabel dengan panjang 32 bit yaitu a,b,c,d.

Pada contoh kali ini saya akan membuat hash untuk password. Berikut tahapan nya :

  • Buatlah satu buah file dengan nama index.php, tuliskan code seperti berikut:

Keterangan : hasil echo yang nantinya di simpan ke field password tabel database mysql teman-teman.

Cara Hashing Password MD5 Di PHP

 

 

 

 

 

 

 

Tampilan tersebut yang nantinya akan di simpan ke field password tabel database teman-teman.

Demikian cara mangamankan password menggunakan hashing md5 php. Semoga Bermanfaat.