Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengamankan password menggunakan hashing sha1 di php. Sebelum saya membahas lebih jauh, saya akan menjelaskan apa itu hashing sha1 ?

Penjelasan SHA

Hashing SHA adalah serangkaian fungsi cryptographic hash yang dirancang oleh National Security Agency (NSA) dan diterbitkan oleh NIST sebagai US Federal Information Processing Standard dan SHA adalah Secure Hash Algoritma. Jenis-jenis SHA yaitu SHA-0, SHA-1, dan SHA-2. Untuk SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang terkenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384, dan SHA-512.

Cara Kerja SHA

Pesan diberi tambahan untuk membuat panjangnya menjadi kelipatan 512 bit ( l x 512 ). Jumlah bit asal adalah k bit. Tambahkan bit secukupnya sampai 64 bit kurangnya dari kelipatan 512 ( 512 – 64 = 448 ), yang disebut juga kongruen dengan 448 ( mod 512 ). Kemudian tambahkan 64 bit yang menyatakan panjang pesan. Inisiasi 5 md variable dengan panjang 32 bit yaitu a,b,c,d,e. Pesan dibagi menjadi blok-blok berukuran 512 bit dan setiap blok diolah. Kemudian keluaran setiap blok digabungkan dengan keluaran blok berikutnya, sehingga diperoleh output ( diggest ). Fungsi kompresi yang digunakan oleh algoritma sha-1 adalah sebagai berikut : A,b,c,d,e ← ( e + f (t,b,c,d) + s5 (a) + wt + kt),a,s30(b),c,d.].

Pada contoh kali ini saya akan membuat hash sha1 untuk password. Berikut tahapan nya :

  • Buatlah satu buah file dengan nama index.php, tuliskan code seperti berikut:

Keterangan : hasil echo yang nantinya di simpan ke field password tabel database mysql teman-teman.

Cara Mengamankan Password Menggunakan Hashing sha1 PHP

Tampilan tersebut yang nantinya akan di simpan ke field password tabel database teman-teman.

Demikian cara mengamankan password menggunakan hashing sha1 di php. Semoga Bermanfaat.