AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) itu adalah tehnik yg memanfaatkan XMLHttpRequest untuk berkomunikasi dengan server-side script. Ajax ini bisa menerima dan mengirim data/informasi dalam format JSON, XML, HTML, dan TEXT. Keuntungannya adalah Ajax ini bisa mengirim dan menerima data/informasi tanpa perlu me-refresh halaman web sedangkan JQUERY adalah Javascript Library yg bisa dimanfaatkan tuk membuat applikasi web dengan cepat yg mana Ajax adalah salah satu library dalam jquery. Pada tips dan trick kali ini saya akan memberi Cara Mengambil Data Menggunakan jQuery AJAX

Pada kasus ini saya akan mencoba menampilkan data dari database dengan menggunakan jQuery AJAX. Ok, langsung saja saya akan memebrikan langkah-langkah Cara Mengambil Data Menggunakan jQuery AJAX:

1. Pertama

Download file jQuerynya terlebih dahulu lalu simpan dengan nama jquery.js dan simpan dalam folder project teman-teman. Saya indikasikan teman-teman sudah bisa membuat database sendiri jadi teman-teman tinggal membuat tabel paket yang di dalmnya terdapat id dan juga nama_paket.

Cara Mengambil Data Menggunakan jQuery AJAX

2. Kedua

Teman-teman ketikan kode html di bawah ini:

3. Ketiga

Untuk menampilkan data kita harus membuat koneksinya dan querynya, maka teman-teman buat file baru dengan nama data.php

4. Keempat

Kita sisipkan file jquery.js yang telah kita download dan buat script untuk memasukan salah sata metode AJAX sehingga data dapat di tampilkan

teman-teman buka file index.php-nya localhost masing-masing maka tampilannya akan menjadi seperti ini:

Cara Mengambil Data Menggunakan jQuery AJAX

Apabila teman-teman memasukan data lagi ke dalam tabel paket maka secara otomatis akan tampil di halaman index.php yag telah kita buat tadi.

Cara Mengambil Data Menggunakan jQuery AJAX

Bagaimana teman-teman cukup mudahkan mengambil data menggunakan jquery AJAX. Dengan AJAX kita tidak perlu mereload lagi page untuk menampilkan data baru.

Sekian tips dan trick kali ini tentang Cara Mengambil Data Menggunakan jQuery AJAX. Semoga bermanfaat.