Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi pesan error common.php di CodeIgniter. CodeIgniter merupakan aplikasi sumber yang terbuka berupa framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP, bahkan dari Framework CodeIgniter tersebut teman-teman bisa kembangkan lagi untuk menggunakan model HMVC(Hierarki, Model, View, Controller). Framework tersebut dapat memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah jika di bandingkan dengan membuatnya secara native dari awal menggunakan PHP. CodeIgniter di rilis pertama kali nya pada 28-Februari-2006, dan hingga saat ini versi stabil terakhir dari Framework tersebut adalah versi 3.0.4. Namun perlu treman-teman ketahui sebelumnya, pada framework CodeIgniter versi 2.x yang sebelumnya, mungkin akan muncul pesan errorĀ Line Number: 243 atau 257 seperti berikut:

Errror tersebut akan teman-teman jumpai pada codeigniter versi 2.x yang berjalan di bawah versi PHP 5.5, karena ketidak sesuaian antara versi PHP dengan versi CodeIgniter yang teman-teman gunakan, saya sarankan jika teman-teman tidak ingin mendapatkan error tersebut sebaiknya menggunakan versi PHP yang terbaru dan versi CodeIgniter yang terbaru pula. Namun jika teman-teman ingin tetap menggunakan versi CodeIgniter yang versi 2x, maka teman-teman bisa ikuti cara yang saya bagikan di sini.

Berikut Caranya :

  • Teman-temanĀ masuk ke directory /home/username/public_html/system/core/Common.php, kemudian ganti kode pada baris ke 257 seperti di bawah ini :

  • Rubah kode tersebut, sehingga menjadi seperti berikut :

  • Jika sudah, save file tersebut dan lihat hasilnya pada browser, namun sebelumnya refresh terlebih dahulu.

Keterangan:

  • Pada penjelasan ini hanya berlaku di Framework CodeIgniter versi 2x dengan PHP di bawah versi 5.5, jika teman-teman ingin membuat project dengan Framework CodeIgniter, saya sarankan teman-teman untuk menggunakan update versi yang terbaru nya.

Demikianlah penjelasan saya mengenai cara mengatasi pesan error common.php di CodeIgniter, semoga bermanfaat.