Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang cara menggunakan autoload configuration CI. File ini menentukan, secara default, sistem mana yang harus dimuat. Agar kerangka kerja tetap ringan, hanya sumber daya minim mutlak yang dimuat secara default. Seseorang harus autoload sistem yang sering digunakan, daripada memuatnya di tingkat lokal, berulang kali. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda muat secara otomatis –

Libraries– Ini adalah daftar perpustakaan, yang seharusnya dimuat secara otomatis. Berikan daftar perpustakaan dalam array seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk di-autoload oleh CodeIgniter. Dalam contoh ini, kita otomatis memuat database, email dan session libraries.

Drivers – Kelas-kelas ini berada di sistem / perpustakaan / atau di aplikasi / perpustakaan / direktori Anda, namun juga ditempatkan di dalam subdirektori mereka sendiri dan mereka memperpanjang kelas CI_Driver_Library. Mereka menawarkan beberapa pilihan driver yang saling dipertukarkan. Berikut adalah contoh untuk autoload driver cache.

Helper files– Ini adalah daftar file pembantu, yang akan di-load otomatis. Berikan daftar perpustakaan dalam array, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, untuk di-autoload oleh CodeIgniter. Dalam contoh yang diberikan, kita melakukan autoloading URL dan file helper.

Custom config files – File-file ini ditujukan untuk digunakan, hanya jika Anda telah membuat file konfigurasi kustom. Jika tidak, biarkan kosong. Berikut adalah contoh bagaimana melakukan autoload lebih dari satu file konfigurasi.

Language files – Ini adalah daftar file bahasa yang harus dimuat secara otomatis. Lihatlah contoh yang diberikan di bawah ini. Berikan daftar bahasa dalam array seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk dimuat secara otomatis oleh CodeIgniter. Ingatlah bahwa jangan sertakan bagian “_lang” dari file Anda. Sebagai contoh, “codeigniter_lang.php” akan direferensikan sebagai array (‘codeigniter’);

Models – Ini adalah daftar file model, yang harus diotomatisasi. Berikan daftar model dalam array seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk di-autoload oleh CodeIgniter. Berikut adalah contoh cara memuat secara otomatis lebih dari satu file model.

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang cara menggunakan autoload configuration CI.  Semoga bermanfaat samapai berjumpa di artikel saya berikutnya. Salam coding.