Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorialĀ kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentangĀ Cara Menggunakan Caching dalam Codeigniter. Caching halaman akan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Jika halaman di-cache, maka akan disimpan dalam status yang diberikan sepenuhnya. Lain kali, saat server mendapat permintaan untuk halaman yang di-cache, maka akan langsung dikirim ke browser yang diminta.

File dalam cache disimpan dalam folder aplikasi / cache. Caching dapat diaktifkan pada basis per halaman. Sementara mengaktifkan cache, kita perlu mengatur waktu, sampai yang perlu disimpan dalam folder cache dan setelah periode tersebut, maka akan dihapus secara otomatis.

Pengaktifan Caching
Caching dapat diaktifkan dengan menjalankan baris berikut dalam metode pengontrol.

 

Dimana $n adalah jumlah menit, Anda ingin halaman tetap di-cache antara refresh.

Nonaktifkan Caching
File cache akan dihapus saat kadaluarsa namun bila Anda ingin menghapusnya secara manual, maka Anda harus menonaktifkannya. Anda dapat menonaktifkan caching dengan menjalankan baris berikut.

Contoh
Buat controller bernama Cache_controller.php dan simpan di application / controller / Cache_controller.php

Buat file view yang disebut test.php dan simpan di application / views / test.php

Ubah file routes.php di application / config / routes.php untuk menambahkan route ke controller di atas dan tambahkan baris berikut di akhir file.

 

Ketik URL berikut di browser untuk menjalankan contoh.

Setelah mengunjungi URL di atas, Anda akan melihat bahwa file cache untuk ini akan dibuat di folder aplikasi / cache. Untuk menghapus file tersebut, kunjungi URL berikut.

Oke itulah tadi pembahasan saya tentangĀ Cara Menggunakan Caching dalam Codeigniter, semoga bermanfaat.