Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan form bootstrap di Django. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Django menyediakan packages khusus untuk mempermudah dalam menggunakan form bootstrap di Django, package tersebut adalah packages django-crispy-forms. Dimana fungsi dari packages tersebut adalah untuk mempersingkat dalam penggunaannya, karena dari packages tersebut menyediakan filter dan tag-tag yg cukup singkat dalam menampilkan atau merendering komponen-komponen form yang ingin kalian buat nantinya. Seperti contoh apabila saya ingin membuat komponen input text bootstrap dengan attribute class form-control, maka kalian tidak perlu lagi menuliskan tag html tersebut dan kalian cukup menuliskan filter tag seperti berikut

Dari filter tag tersebut akan menghasilkan input text dengan attribute class nama_lengkap dan dari komponen tersebut sudah diproteksi validasi required. Bukan cuma hanya itu saja, fungsi dari packages tersebut masih banyak lagi dan untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat dokumentasi dari packages tersebut di situs resminya. Berikut linknya https://django-crispy-forms.readthedocs.io/en/latest .

Untuk memasang packages tersebut sangat mudah, karena sudah disediakan perintah command line untuk melakukan instalasi packages tersebut, dan kalian bisa langsung ketikan perintah seperti dibawah ini melalui terminal atau cmd ( command prompt ) kalian :

Jika sudah selanjutnya kalian daftarkan terlebih dahulu untuk packages tersebut didalam file settings.py, dan kalian cukup menambahkan variable baru didalam INSTALLED_APPS seperti contoh dibawah ini :

dan kalian juga bisa tambahkan variable untuk menentukan template pack yang akan digunakan, atau untuk versi bootstrap yang ingin digunakan dan pada contoh disini saya menggunakan bootstrap 4, maka kalian bisa tambahkan variable baru seperti berikut :

Jika sudah, selanjutnya kalian bisa simpan file settings.py tersebut dan kalian sudah bisa menggunakannya.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan form bootstrap di Django, semoga bermanfaat.