Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal dan masih tetap diwebsite dumetschool. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana tentang DOM createElement pada PHP maka dari itu saya berikan sebuah judul yaitu Cara Menggunakan Fungsi createElement pada PHP.

Bicara soal DOM pasti teman-teman sudah berfikir ke bahasa pemrograman javascript namun berbeda kali ini kita akan mencoba manipulasi DOM dengan menggunakan PHP. Penasaran bukan ? didalam PHP sudah disediakan sebuah method atau fungsi createElement untuk memanipulasi document (DOM) dan pada dasarnya sama seperti javascript namun di PHP lebih spesifik menggunakan bahasa XML. Dan alangkah baiknya teman-teman pelajari terlebih dahulu apa itu XML.

Cara Menggunakan Fungsi createElement pada PHP

Oke lanjut kepembahasan disini kita akan mencoba menggunakan fungsi/method createElement pada PHP. untuk lebih jelasnya mari kita mulai, langkah pertama jalankan software xampp start apache web server lalu kemudian buatlah sebuah folder didalam htdocs dan juga sebuah file didalam folder tersebut. Jika sudah langkah berikutnya ketiklah script kode PHP DOM createElement seperti pada contoh dibawah ini :

Kode PHP diatas saya membuat variable dom untuk menampung object DOMDocument value pertama sebagai version xml dan yang kedua sebagai character charset kalau tidak salah. Lalu saya membuat variable element untuk menampung fungsi/method createElement pada PHP dan nilai pertama sebagai element dan yang kedua sebagai character/text. lalu untuk menampilkannya saya menggunakan fungsi appendchild lalu saya echo dalam bentuk xml.

Oke dari kode diatas jika disimpan dan dijalankan maka hasilnya akan menjadi seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi createElement pada PHP

Pada hasil diatas judul merupakan sebuah element maka kita bisa memberikan style pada element tersebut teman-teman tambahkan style seperti pada contoh kode css dibawah ini :

Oke silahkan di refresh dan dijalankan kembali hasilnya text tsb akan berubah warna nya menjadi merah.

Jadi kurang lebih nya seperti itulah pembahasan kita kali ini tentang Cara Menggunakan Fungsi createElement pada PHP. semoga dapat bermanfaat buat teman-teman dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih