Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal dan masih diwebsite dumetschool. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Menggunakan Fungsi fgets pada PHP. menurut saya fungsi fgets ini hampir sama dengan include pada PHP namun banyak perbedaan yang membedakan kedua fungsi tsb.

Fungsi fgets() digunakan untuk membaca satu baris dari sebuah file. Fungsi ini digunakan bersamaan dengan fungsi fopen. dan fopen itu sendiri digunakan untuk membuka sebuah file. Untuk penjelasan lebih dalam tentang fopen nanti saya bahas pada pembahasan selanjutnya.

Cara Menggunakan Fungsi fgets pada PHP

Oke lanjut ke fungsi fgets() sebelum kita mulai mencoba menggunakan fungsi tersebut, langkah pertama yang teman-teman lakukan adalah membuat terlebih dahulu file txt didalam htdocs lalu buat file PHP nya teman-teman bisa melihat contoh nya dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi fgets pada PHP

Jadi diatas kita mempunya 2 buah file yaitu file PHP serta file TXT dan langkah selanjutnya pada File TXT teman-teman ketikan kalimat bebas sesuai selera teman-teman. Jika sudah, teman-teman buka file PHP nya dan ketik kode PHP seperti pada contoh dibawah ini :

Pada kode diatas saya membuat variable untuk menampung fungsi fopen serta attribute didalamnya lalu saya menggunakan fungsi fgets untuk memanggil 1 baris saja pada file txt tsb.

Cara Menggunakan Fungsi fgets pada PHP

Jika sudah langkah terakhir silahkan teman-teman simpan, lalu kemudian jalankan/run dibrowser yang teman-teman gunakan jika benar maka hasilnya akan seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi fgets pada PHP

Jadi kurang lebihnya seperti itulah contoh dari pembahasan kita kali ini tentang Cara Menggunakan Fungsi fgets pada PHP. semoga dapat bermanfaat buat teman-teman dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih