Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan fungsi stripos() untuk menghitung posisi string di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, stripos() adalah fungsi php yang sudah disediakan untuk mempermudah kalian dalam mencari atau menghitung posisi suatu string sama halnya seperti fungsi strpos(), hanya saja stripos() tidak mengacu kepada besar atau kecilnya huruf didalam string tersebut tidak seperti strpos() yang case-sensitive. fungsi stripos() tersebut kedepannya dapat teman-teman manfaatkan untuk berbagai macam keperluan, seperti pada contoh disini saya akan menggunakan fungsi stripos() tersebut yang dimana hasilnya nanti adalah untuk memanipulasi bulan dari datetime() di php.

Di php format datetime tersebut tampil dengan format “d-m-y H:i:s” atau seperti pada contoh format berikut “18-05-2019 01:22:03” dan dari format bulan tersebut saya mau ubah menjadi terbilang yaitu januari s/d desember menjadi ke dalam format bahasa indonesia sesuai dengan urutan array yang saya buat. Dan karena didalam menghitung array dimulai dari index ke 0, maka dari itu nantinya akan ada pengurangan -1 supaya sesuai dengan angka bulan yang didapat dari system ke dalam urutan nama bulan yang ada di array tersebut. Langsung saja untuk membuatnya kalian bisa ikuti tahapan yang saya berikan seperti dibawah ini.

Berikut Tapannya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama index.php didalam root folder webserver local, namun pada contoh disini saya menggunakan apache xampp, jadi saya letakan didalam folder C:\xampp\htdocs\latihan
  • Jika sudah selanjutnya kalian bisa mengetikan kode seperti berikut :
  • Jika sudah selanjutnya simpan terlebih dahulu file tersebut dan lihat hasilnya dibrowser kalian

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan fungsi stripos() untuk menghitung posisi string di php, semoga bermanfaat.