Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan group_by di mysql dengan php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Group_by adalah query mysql untuk pengelompokan data. Pernyataan GROUP_BY sering digunakan bersamaan dengan fungsi agregat (COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG) untuk mengelompokkan hasil berdasarkan satu atau beberapa kolom pada tabel tersebut. Group_By yang di gunakan di dalam query SELECT mysql berguna untuk mengelompokkan data berdasarkan ekspresi group Tidak hanya itu query GROUP_BY tersebut bisa digunakan secara bersamaan dengan query lainnya seperti JOIN table, Distinct, dll.

seperti contoh di bawah ini :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah database dengan nama kampus.sql
  • Jika sudah buat lagi satu buah tabel dengan nama mahasisa, dengan spesifikasi sebagai berikut :

table-mahasiswa

  • Jika sudah, isi tabel mahasiswa tersebut dengan query dummy seperti dibawah ini :

tabel_mysql

  • Jika sudah teman-teman buat satu buah folder project di dalam folder htdocs teman-teman, dan buat lagi satu buah file dengan nama koneksi.php, dan ketikan seperti kode di bawah ini :

  • Jika sudah teman-teman buat lagi satu buah file dengan nama index.php, dan ketika kode seperti di bawah ini :

  • Jika sudah save file tersebut dan jalankan di browser teman-teman, maka akan menghasilkan output seperti di bawah ini :

tabel_mysql_queryTidak hanya itu, untuk penggunaan query GROUP_BY bisa bersamaan dengan JOIN , DISTINCT, COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG, dll. Dan bisa teman-teman kembangkan lagi.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan group_by di mysql dengan php, semoga bermanfaat.