Tutorial MySQL ini menjelaskan Cara Menggunakan Klausa MySQL DISTINCT dengan sintaks dan contoh.

Deskripsi

Klausa MySQL DISTINCT digunakan untuk menghapus duplikat dari kumpulan hasil. Klausa DISTINCT hanya dapat digunakan dengan statemen SELECT.

Syntax

Syntax untukKlausa MySQL DISTINCT adalah:

 

Penjelasan Parameter
expressions
Kolom atau perhitungan yang ingin Anda ambil kembali.
tables
Tabel yang ingin Anda ambil dari arsip. Paling tidak ada satu tabel yang tercantum dalam klausa FROM.
WHERE conditions
Pilihan. Kondisi yang harus dipenuhi agar catatan bisa dipilih.
Catatan
  • Bila hanya satu ekspresi yang diberikan dalam klausa DISTINCT, kueri akan mengembalikan nilai unik untuk ekspresi itu.
  • Bila lebih dari satu ekspresi diberikan dalam klausa DISTINCT, kueri akan mengambil kombinasi unik untuk ekspresi yang tercantum.
  • Di MySQL, klausa DISTINCT tidak mengabaikan nilai NULL. Jadi ketika menggunakan klausa DISTINCT dalam pernyataan SQL Anda, himpunan hasil Anda akan menyertakan NULL sebagai nilai yang berbeda.

 

Contoh – Dengan Single Expression

Mari kita lihat contoh klausa MySQL DISTINCT yang paling sederhana. Kita bisa menggunakan klausa MySQL DISTINCT untuk mengembalikan field tunggal yang menghapus duplikat dari himpunan hasil.

Sebagai contoh:

Contoh klausa MySQL DISTINCT ini akan mengembalikan semua nilai negara unik dari tabel pelanggan.

 

Contoh – Dengan Beberapa Ekspresi

Mari kita lihat bagaimana Anda bisa menggunakan klausa MySQL DISTINCT untuk menghapus duplikat dari lebih dari satu bidang dalam statemen SELECT Anda.

Sebagai contoh:

Contoh klausa MySQL DISTINCT ini akan mengembalikan setiap kombinasi kota dan negara yang unik dari tabel pelanggan. Dalam kasus ini, DISTINCT berlaku untuk setiap bidang yang tercantum setelah kata kunci DISTINCT, dan karena itu mengembalikan kombinasi yang berbeda.