Tutorial MySQL ini menjelaskan Cara Menggunakan kondisi MySQL BETWEEN dengan sintaks dan contoh.

Deskripsi

Kondisi MySQL BETWEEN digunakan untuk mengambil nilai dalam suatu range dalamstatemen SELECT, INSERT, UPDATE, atau DELETE.

Syntax

Syntax untukĀ Kondisi MySQL BETWEEN adalah:

 

Penjelasan Parameter
expression
Kolom atau perhitungan
value1 and value2
Nilai ini menciptakan rentang inklusif yang dibandingkan dengan ekspresi.
Catatan
  • Kondisi MySQL BETWEEN akan mengembalikan catatan dimana ekspresi berada dalam kisaran value1 dan value2 (inklusif).
  • Saat menggunakan Kondisi MySQL BETWEEn dengan tanggal, pastikan untuk menggunakan fungsi CAST untuk secara eksplisit mengubah nilai menjadi tanggal.

 

Contoh

Contoh – Dengan Numerik

Mari kita lihat beberapa contoh kondisi MySQL BETWEEN dengan menggunakan nilai numerik. Contoh numerik berikut menggunakan kondisi MySQL BETWEEN untuk mengambil nilai dalam kisaran numerik.

Sebagai contoh:

Contoh Kondisi MySQL BETWEEN ini akan mengembalikan semua baris dari tabel kontak dimana contact_id antara 100 dan 200 (inklusif). Ini setara dengan pernyataan SELECT berikut ini:

Contoh – Dengan Tanggal

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana Anda akan menggunakan kondisi MySQL BETWEEN dengan tanggal. Bila menggunakan kondisi BETWEEN di MySQL dengan tanggal, pastikan untuk menggunakan fungsi MySQL CAST untuk secara eksplisit mengubah nilai menjadi tanggal.

Contoh tanggal berikut menggunakan kondisi BETWEEN untuk mengambil nilai dalam rentang tanggal.

Sebagai contoh:

Contoh kondisi MySQL BETWEEN ini akan mengembalikan semua record dari tabel order_details dimana order_date antara 1 Februari 2018 dan 28 Februari 2018 (inklusif). Ini akan sama dengan pernyataan SELECT berikut ini:

 

Contoh – Menggunakan Operator NOT

Kondisi MySQL BETWEEN juga bisa digabungkan dengan NOT operator. Berikut adalah contoh bagaimana Anda menggabungkan kondisi BETWEEN dengan NOT Operator.

Sebagai contoh:

Contoh MySQL BETWEEN ini akan mengembalikan semua baris dari tabel pemasok dimana supplier_id TIDAK antara tahun 2000 dan 2999, inklusif. Ini akan sama dengan pernyataan SELECT berikut ini: