Cara Menggunakan Local Storage dan Session Storage, Local Storage dan Session Storage merupakan subah fungsi dari javascript yang cara kerjanya hampir sama dengan cookie (data yang tersimpan di dalam browser) tapi memiliki beberapa kelebihan yaitu dapat menyimpan data lebih aman dan lebih besar dibandingkan dengan cookie, local storage dapat menyimpan data lebih dari 5 MB tanpa membebani performa dari browser.

Salah satu fungsi dari Local Storage dan Session Storage yaitu dapat mempermudah kita dalam membuat atau membangun sebuah website yang lebih responsive dari sisi client.

Perbedaan antara local storage dan session storage yaitu, pada local storage data yang tersimpan tidak memiliki waktu expired (tidak ada batasan waktu penyimpanan), namun session storage data yang tersimpan akan hilang ketika kita menutup browser yang akan kita gunakan.

Untuk menggunakan local storage dan session storage,  kita terlebih dahulu harus mengatur key dan valuenya seperti dibawah ini :

  • Local storage

  • Session storage

Pada script diatas dapat kita lihat bahwa untuk penggunaan local storage dan session storage hampir sama hanya kita merubah localStorage menjadi sessionStorage. Untuk contoh sederhana yaitu seperti dibawah ini :

Oke teman-teman itulah tutorial kita kali ini tetang Cara Menggunakan Local Storage dan Session Storage.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.