Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan not equal di mysql. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, not equal adalah operator di mysql yang dapat digunakan untuk membuat kondisi dari where clause tidak sama  dengan nilai yang ada didalamnya. Seperti pada contoh disini saya memiliki satu buah table dengan nama mahasiswa yang dimana dari record table tersebut mau saya tampilkan record yang tidak sama dengan “wanita”. Berarti jika dilihat dari contoh kasus tersebut, data yang tampil nantinya adalah data yang status jenis kelaminnya adalah pria (kebalikan dari wanita), namun dari fields jenkel tersebut type datanya adalah ENUM ‘0’ = pria dan ‘1’ = wanita.

Sebelum melanjutkan tahapan selanjutnya ada baiknya kalian buat terlebih dahulu satu buah table database dengan nama mahasiswa dengan spesifikasi fields seperti berikut :

mahasiswa

Dari table tersebut teman-teman isikan beberapa record dengan data jenis kelamin yang berbeda sebanyak 10 buah, jika sudah selanjutnya teman-teman bisa ikuti tahapan pembuatan kode php nya seperti yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Buat satu buah file dengan nama index.php didalam folder project web server kalian
  • Kemudian ketikan seperti kode berikut :

  • Jika sudah selanjutnya simpan terlebih dahulu file index.php tersebut dan lihat hasilnya di browser kalian dengan mengetikan http:/localhost/nama_folder

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan not equal di mysql, semoga bermanfaat.